Dosen Selalu Matikan Kamera Saat Ngajar Kuliah Online, Kisah di Baliknya Pilu


Dosen Selalu Matikan Kamera Saat Ngajar Kuliah Online, Kisah di Baliknya Pilu

lndonesia.org - Penerapan sekolah hingga kuliah virtual hingga saat ini masih dijalankan di beberapa daerah di Tanah Air selama pandemi COVID-19. Bahkan, kisah lucu dan mengharukan kerap beredar di media sosial selama sekolah via zoom mulai dari jenjang SD hingga perkuliahan.

Kini, kisah mengharukan kembali terjadi saat sekolah virtual yang diunggah oleh wanita bernama Nandini Catra Nabilah. Di akun TikTok pribadinya, ia membagikan kisah dosennya bernama Edi Prasetyo Nugroho yang selalu menonaktifkan kamera zoom selama perkuliahan.

"Punya dosen yang dari awal perkuliahan nggak pernah on cam. Tapi, beliau sempat bilang di pertemuan pertama perkuliahan yang intinya 'ambillah ilmu sebanyak-banyaknya. Jangan sia-siakan waktu kalian karena mungkin saya tinggal menunggu waktu dipanggil oleh yang maha kuasa," bunyi tulisan di video tersebut.

Dalam ceritanya, Dini menyebut bahwa dari awal perkuliahan, dosennya tersebut tidak pernah mengaktifkan kamera zoom. Hal itulah yang membuat dirinya dan teman-teman selalu penasaran dengan dosen yang bersangkutan.

Pasalnya, si dosen disebut tidak pernah membeberkan secara detail mengapa dirinya selalu menonaktifkan kamera zoom miliknya selama perkuliahan. Hingga kemudian, pada suatu hari saat perkuliahan berlangsung, dosen tersebut tak sengaja mengaktifkan kamera zoom-nya.

Dalam video yang diunggah, tampak dosen itu ternyata dalam keadaan sakit. Selang alat bantu pernapasan tampak menempel di wajahnya saat perkuliahan berlangsung. Tak ayal, Dini dan teman-temannya sontak terkejut melihat keadaan dosen mereka tersebut.

"Ternyata selama ini Bapak Edi sakit. Mungkin ini alasan dari beliau off cam supaya mahasiswanya tidak terfokus pada keadaannya di sana. Beliau nggak pernah mengeluhkan soal kondisinya dan tetap semangat mengisi perkuliahan," bunyi lanjutan tulisan di video TikTok itu.

Malu dan kasihan merupakan hal yang dirasakan oleh Dini saat mengetahui bahwa selama ini dosennya itu ternyata tidak melupakan tugasnya sebagai pengajar meski dalam kondisi sakit. Bahkan, ia pun mengaku merasa malu lantaran kerap malas belajar jika membandingkan dirinya dengan perjuangan dosen Edi tersebut.

Kisah dosen itu seakan menampar Dini yang mengaku kerap mengeluh selama menjalani perkuliahan secara daring. Kini, semenjak dibagikan di TikTok pada Kamis (9/9/2021), video itu ramai diperbincangkan publik Tanah Air.

 
Banyak yang terharu dan memuji dosen yang bersangkutan lantaran tidak melupakan tugasnya sebagai dosen meski dalam kondisi sakit. Tidak hanya itu saja, sejumlah warganet juga turut mendoakan dosen Edi tersebut agar diberi kesembuhan.

Terlepas dari itu, video tersebut telah dilihat 4,1 juta kali dan disukai 851.5oo pengguna TikTok. Beragam tanggapan dilontarkan warganet, mulai dari komentar haru hingga memuji dosen tersebut.

"Kok aku sedih. Semoga bapak dosennya sehat terus," tulis @Olive.

"Pak Edi, lelahmu jadi saksi. Usahamu jadi bakti. Dalam sakitmu masih sempat mengabdi. Membagi ilmu untuk kami, terima kasih," sahut @ayomsattt.

"Panjang umur bapak dosen yang baik hati huhu. Semoga cepat sembuh bapak baik," timpal @1safirausman. [kumparan]
@eccediary

Sehat selalu Bapak, terima kasih sudah mendedikasikan waktu dan semangatnya untuk mengajar✨ #bcaxyz #bcazxy

♬ You Are Enough - Sleeping At Last

Tidak ada komentar


Diberdayakan oleh Blogger.