Profil Kapolda Sumbar Irjen Teddy Minahasa Putra, Rekan Seangkatan Kapolri saat Jadi Ajudan Jokowi


Profil Kapolda Sumbar Irjen Teddy Minahasa Putra, Rekan Seangkatan Kapolri saat Jadi Ajudan Jokowi

lndonesia.org - Berikut ini profil Irjen Pol Teddy Minahasa Putra, Perwira Tinggi Polri yang dipercaya menjadi Kapolda Sumatera Barat (Sumbar).

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjuk Irjen Teddy sebagai Kapolda Sumbar melalui surat telegram bernomor ST/1701/VIII/KEP/2021 tertanggal 25 Agustus 2021.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono membenarkan isi dari surat telegram yang ditandatangani Asisten Kapolri Bidang SDM, Irjen Pol Wahyu Widada.

"Iya benar (surat telegram, Red)," kata Rusdi saat dikonfirmasi, Rabu (25/8/2021), sebagaimana diberitakan Tribunnews.com. 

Dalam surat telegram itu, terdapat 90 perwira tinggi yang dimutasi.

Irjen Teddy menggantikan Irjen Toni Harmanto yang dimutasi menjadi Kapolda Sumatera Selatan.

Sementara posisi Staf Ahli Manajemen (Sahli Jemen) Kapolri yang dipegang Irjen Teddy akan diisi Brigjen Pol Arkan Hamzah yang semula menjabat Analis Kebijakan Utama Bidang Bindiklat Lemdiklat Polri.

Profil Irjen Teddy Minahasa Putra

Sipakah Irjen Teddy Minahasa Putra?

Dikutip dari Wartakota, Teddy Minahasa Putra lahir di Minahasa, Sulawesi Utara pada 23 November 1971 atau saat ini berusia 49 tahun.

Ia lulus dari Akademi Kepolisian pada 1993.

Kapolda Banten Brigjen Pol Teddy Minahasa Putra (Istimewa)

Sepanjang kariernya di Polri, ia telah menempati sejumlah jabatan strategis dan memiliki karier cemerlang. 

Dalam catatan Tribunnews.com, di antaranya, ia pernah menjabat sebagai Kapolda Banten pada Agustus 2018. 

Hal yang menarik, saat itu, Teddy menggantikan Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang sekarang menjabat sebagai Kapolri. 

Jabatan Kapolda Banten tersebut hanya dipegang Teddy selama tiga bulan.

Setelahnya, ia diangkat menjadi Wakapolda Lampung melalui surat telegram Kapolri dengan nomor ST/2949/XI/KEP/2018 tertanggal 17 November 2018.

Jadi Ajudan Wapres Jusuf Kalla Bersamaan dengan Listyo Sigit jadi Ajudan Jokowi

Diberitakan Tribunnews.com, Teddy Minahasa Putra juga pernah menjadi ajudan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada 2014.

Saat itu, ia berpangkat Kombes Pol.

Hal yang menarik lagi, saat itu ia menjabat ajudan Wapres berbarengan dengan Listo Sigit Prabowo yang dipercaya menjadi ajudan Presiden Jokowi. 

Listyo kini menjadi Kapolri. 

Irjen Teddy Minahasa juga memiliki rekam jejak yang baik. 


Brigjen Pol Teddy Minahasa SH, SIK (Anggota Tim Ahli WAPRES RI) mendapatkan penghargaan SEROJA WIBAWA NUGRAHA sebagai lulusan terbaik PPSA-21 tahun 2017 dgn kriteria AKADEMIS TERBAIK & TASKAP TERBAIK dari Gubernur Lemhannas RI, Letjen TNI (Pur) Agus Widjojo, di Gedung Dwi Warna, Lemhannas RI, Kamis (23/11/2017). (Istimewa)

Ia tercatat pernah menjadi penerima tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Nararya. 

Dikutip dari laman Setkab, tanda kehormatan itu diberikan Presiden Jokowi dalam Peringatan ke-72 Hari Bhayangkara Tahun 2018, yang diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (11/7/2018) pagi.

Ketika menjadi staf ahli wapres tahun 2017, Teddy Minahasa yang masih berpangkat Brigjen juga mendapatkan penghargaan Seroja Wibawa Nugraha sebagai Lulusan Terbaik Progam Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) XXI-TA 2017 Lemhannas RI.

Penghargaan sebagai lulusan terbaik ini diberikan berdasarkan pada kriteria dengan Akademis Terbaik dan Taskap (Kertas Karya Perorangan) Terbaik.

Penghargaan sebagai lulusan terbaik disampaikan oleh Gubernur Lemhannas RI, Letjen TNI (Pur) Agus Widjojo dalam penutupan PPSA XXI Lemhannas RI di Gedung Dwi Warna, Lemhannas RI Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (23/11/2017).[tribunnews]

Tidak ada komentar


Diberdayakan oleh Blogger.