Misteri Padang Blackhat Peretas Situs Setkab


Misteri Padang Blackhat Peretas Situs Setkab


lndonesia.org - Situs web resmi Sekretariat Kabinet RI sempat diretas. Hackernya mengaku sebagai Padang Blackhat. Identitas hacker masih misterius.

Sabtu (31/7/2021) sekitar pukul 09.00 WIB pagi tadi, tampilan situs Setkab tidak seperti biasanya. Alamat situsnya adalah www.setkab.go.id.

Nampak di laman situs, ada gambar Lutfi 'pembawa bendera'. Di bawahnya, ada teks berisi pihak yang meretas, menamakan diri sebagai Padang Blackhat. Begini teksnya:

Kekacauan di mana-mana, Indonesia sedang tidak baik baik saja. Rakyat harus di rumah tanpa ada dispensasi dan kompensasi apapun yang membuat rakyat Indonesia merasa stres dan depresi. Penguasa menikmati dunianya sendiri dengan gaji yang mengalir tiap hari. Di mana keadilan di negara ini?

Pancasila!
1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2 sampai 5 tidak ada perubahan!

Padang Blackhat

Entah apa dan siapa Padang Blackhat ini. Yang jelas, istilah 'black hat' memang sudah umum dikenal di isu hacker. Dikutip dari situs Kaspersky, hacker black hat adalah kriminal yang membobol jaringan komputer dengan niat jahat. Mereka juga bisa melepas malware yang menghancurkan dokumen-dokumen (file), menyandera komputer, atau mencuri password kartu kredit dan data pribadi lainnya. Fenomena hacker black hat adalah fenomena global.

Soal Padang Blackhat, nama ini muncul di alamat situs Universitas Fajar. Situs Universitas Fajar yang beralamat di unifa.ac.id sendiri bisa diakses dengan normal, namun ada alamat situs Universitas Fajar yang telah diretas, yakni unifa.ac.id/zg-content/thumbs/mz.html. Di situ tertera nama 'Padang Blackhat' dengan keterangan 'Pned by Zyy'.

Ada juga alamat blog.padangblachat.eu.org yang membagikan cara-cara meretas situs. Di situ pula tertera nama 'Lutfifakee', nama yang mirip tertera di situs Setkab yang diretas.

Selain itu, ada nama akun Twitter dengan nama mirip seperti di situs Setkab, yakni Padang Blackhat (@FakeeLutfi). Akun Twitter itu menyatakan diri sebagai 'official Padang Blackhat'. Akun dengan gambar profil naga bersayap ini dibikin pada Mei 2021. Akun Facebook 'Padangblackhat' juga ada, sama-sama memasang gambar profil naga bersayap. Belum ada informasi lebih jelas mengenai Padang Blackhat sejauh ini.

Urutan kejadian selanjutnya, Setkab melakukan takedown atau menutup situsnya untuk sementara waktu, mulai pukul 09.45 WIB.

"Tidak lama setelahnya, langsung takedown," kata Asisten Deputi Bidang Humas dan Protokol Setkab Said Muhidin kepada detikcom.

Akhirnya pada siang hari, pukul 14.10 WIB tadi, situs Setkab pulih kembali. Situs bisa diakses lagi dan menampilkan laman yang normal seperti sebelum diretas. Selanjutnya, Setkab bakal melaporkan hacker pelaku peretasan situsnya ke polisi.


"Ya, akan kami serahkan ke aparat kepolisian yang berwenang untuk diproses sesuai ketentuan hukum," kata Said.(detik)

Tidak ada komentar


Diberdayakan oleh Blogger.