Jamiluddin Ritonga: Moeldoko Sangat Tidak Layak jadi Presiden


Jamiluddin Ritonga: Moeldoko Sangat Tidak Layak jadi Presiden


lndonesia.org - Kendati beberapa pendapat menilai Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko memiliki kedekatan dengan Joko Widodo dan dipercaya oleh mantan Walikota Solo itu. Namun, soal pensiunan tentara bintang empat itu menjadi Presiden menggantikan Jokowi nanti dulu.

Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga berpendapat, sangat sulit bagi Moeldoko mejadi the next Jokowi atau Presiden selanjutnya. Sebab, tipikal dua sosok ini sangat berbeda.


"Jokowi berpenampilan relatif sederhana dan terlihat lebih menjaga tata krama. Ia juga sosok yang bersikap lebih santai sehingga kesannya lebih mudah dekat dengan masyarakat. Sementara Moeldoko terkesan lebih kaku dan keras. Penampilannya selalu lebih formal, sehingga terkesan sulit untuk dekat dengan masyarakat bawah," kata Jamiluddin kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (26/8).

Disamping itu, Jamiluddin menambahkan, Jokowi memiliki modal elektabilitas yang sangat tinggi dimana hal tersebut menjadi modal penting untuk maju Pilpres pada 2014 dan 2019.

"Dilain pihak, Moeldoko elektabilitas sangat rendah. Karena itu, ia sangat tidak layak untuk maju pada Pilpres 2024. Itu artinya, Moeldoko bukanlah tipikal yang layak menjadi the next Jokowi. Sangat jauh untuk dikatakan layak," pungkas Dekan Fikom IISIP Jakarta 1996-1999 ini(RMOL)

Tidak ada komentar


Diberdayakan oleh Blogger.