Berkaca dari Kisah Nabi, Jokowi: Kita Perlu Lebih Banyak Berkorban


Berkaca dari Kisah Nabi, Jokowi: Kita Perlu Lebih Banyak Berkorban


lndonesia.org - Hari Raya Idul Adha 1442 H kali ini masih diperingati bersamaan dengan pandemi Covid-19. Meskipun begitu, hal ini tidak mengurangi ke kekhidmatan dalam menyampaikan rasa syukur dan segala puji bagi Allah SWT.

“Idul Adha mengandung pesan-pesan mulia pesan pengorbanan dan kemanusiaan, pesan universal yang tetap aktual dan patut menjadi pegangan di saat bangsa dan negara kita menghadapi pandemi seperti sekarang ini,” terang Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara virtual #TakbirDiRumahAja, Senin (19/7).

Ia pun menuturkan asal muasal adanya tradisi pemotongan hewan kurban. Di mana kala itu Nabi Ibrahim AS mendapatkan wahyu atau perintah dari Allah untuk menyembelih anaknya, yaitu Nabi Ismail AS. Perintah itu pun disampaikan kepada Nabi Ismail AS dan dia pun ikhlas dan meminta ayahnya untuk mengerjakan perintah tersebut.

“Betapa pentingnya keimanan dan ketakwaan, keikhlasan berkorban tanpa keraguan demi menjalankan perintah Allah SWT. Di tengah pandemi saat ini kita perlu kesediaan lebih banyak berkorban lagi, mengorbankan kepentingan pribadi dan mendahulukan kepentingan masyarakat serta sesama,” tutur dia.

“Inilah momentum untuk menguatkan solidaritas dalam semangat persaudaraan ukhuwah islamiyah ukhuwah wathaniyah dan ukhuwah insaniyah yang akan mampu melipatgandakan energi kita untuk menghimpun kekuatan optimis untuk bangkit bersama,” sambungnya.

Ia meminta agar hal tersebut dioptimalkan dengan diiringi kedisiplinan mematuhi protokol kesehatan, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan mengisolasi diri. Kemudian, bagi yang bekerja dapat memberikan bantuan untuk sesama.

“Kita petik hikmah pengorbanan Nabi Ibrahim AS kita berdoa dan bertakbir dari rumah masing-masing bersama-sama, terus berdoa dan berikhtiar agar pandemi segera berlalu. Mari kita bersama-sama memohon pertolongan Allah SWT memohon kesembuhan saudara-saudara kita yang sedang sakit, memberikan kekuatan kepada saudara-saudara kita yang sedang melakukan tugas-tugas kemanusiaan,” ujarnya

“Semoga Allah SWT memberikan kesabaran dan kekuatan bagi kita semua dalam menghadapi segala ujian dan cobaan. Semoga Allah SWT meridhoi dan memudahkan semua upaya dan langkah-langkah kita sampai kita mencapai kemenangan melawan pandemi Covid-19 ini,” tandas dia.[jawapos]

Tidak ada komentar


Diberdayakan oleh Blogger.