Kasus Corona Melonjak, Walkot Cirebon: Rumah Sakit Mulai Penuh!


Kasus Corona Melonjak, Walkot Cirebon: Rumah Sakit Mulai Penuh!


lndonesia.org - Kasus pasien positif COVID-19 di Kota Cirebon, Jawa Barat, terus meningkat. Kapasitas ruang perawatan di rumah sakit pun mulai kritis.

Sekda Kota Cirebon Agus Mulyadi menyebutkan 82 persen ruang isolasi di rumah sakit telah terisi dari total kapasitas yang disediakan. "Total ada 296 tempat tidur di ruang isolasi seluruh rumah sakit, 238 di antaranya sudah terisi pasien COVID-19. 

Artinya 82 persen terisi," kata Agus kepada awak media, Selasa (15/6/2021).

Sekadar diketahui, pada akhir Mei, Kota Cirebon masuk zona merah atau zona berisiko tinggi penyebaran COVID-19. Saat ini, Agus mengatakan Kota Cirebon masuk dalam zona oranye.

Ia mengungkapkan beberapa rumah sakit hampir tak bisa menampung pasien. "Di Rumah Sakit Ciremai sudah 91 persen terisi. Jadi, meski zona oranye, kondisi ruang isolasi setiap harinya diisi oleh pasien COVID-19 yang terus berdatangan," ucapnya.

Agus mengatakan ruang ICU pasien COVID-19 hanya menyisakan dua tempat tidur, dari 20 tempat tidur yang disediakan. "Kita akan membahas untuk penambahan tempat tidur, agar jangan sampai terjadi kondisi penuh," ujar Agus.

Sekadar diketahui, berdasarkan data dari covid19.cirebonkota.go.id, saat ini total kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Cirebon mencapai 5.934 orang. Sebanyak 477 pasien masih menjalani isolasi, 5.239 pasien sembuh, dan 218 meninggal dunia.

Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis mendapatkan laporan tentang kritisnya ruang isolasi pasien COVID-19 di rumah sakit. Ia meminta masyarakat untuk saling melindungi dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Kami mendapat laporan dan melihat langsung bahwa rumah sakit mulai penuh. Kita lakukan upaya-upaya maksimal menjaga kesehatan masyarakat. Mari bersikap untuk saling melindungi," kata Azis saat memberikan sambutan di rapat paripurna DPRD Kota Cirebon.(dtk)

Tidak ada komentar


Diberdayakan oleh Blogger.