Survei Capres IndexPolitica: Prabowo Dibuntuti Anies, Ganjar Ke-4


Survei Capres IndexPolitica: Prabowo Dibuntuti Anies, Ganjar Ke-4

lndonesia.org - Lembaga survei IndexPolitica merilis hasil survei persepsi publik terkait sejumlah isu, salah satunya elektabilitas calon presiden (capres). Hasilnya, nama Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto ada di atas nama-nama lain.

Survei digelar pada 18-28 Januari 2021, termasuk tahapan pengumpulan dan analisis data. Sampel survei ini sebanyak 1.610 responden di 34 provinsi.

Metode yang digunakan adalah multistage random sampling melalui wawancara langsung dengan tingkat kepercayaan 95% dan toleransi kesalahan (margin of error) kurang-lebih 1,6%.

Direktur Eksekutif IndexPolitica, Denny Charter mengatakan survei capres ini dilakukan dengan memberi 2 pertanyaan. Pertanyaan pertama responden tidak diberi pilihan nama dan langsung menjawab spontan atau top of mind presiden yang diinginkan.

"Top of mind itu kalau kita tanya mereka jawab secara spontan, jika pemilihan presiden dilakukan hari ini, maka siapa capres yang dipilih. Tertinggi itu Prabowo," ujar Direktur Eksekutif IndexPolitica, Denny Charter, dalam webinar, Minggu (7/2/2021).

Denny menyebut saat responden diminta untuk memberikan jawaban siapa yang akan jadi presiden, ada nama calon presiden baru muncul. Nama baru ini adalah Plt Ketum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Giring Ganesha.

"Menariknya ini di top of mind ada Giring Ganesha 0,3%," katanya.

Pada survei capres secara spontan (top of mind), responden diberi pertanyaan, 'Jika pemilihan presiden dilakukan pada hari ini, maka siapakah presiden yang Bapak/Ibu/Saudara pilih?'

Hasilnya sebagai berikut:

- Prabowo Subianto 14,9%
- Anies Baswedan 7,1%
- Sandiaga Uno 6,2%
- Ganjar Pranowo 5,4%
- Agus Harimurti Yudhoyono 5,1%
- Gatot Nurmantyo 1,7%
- Ridwan Kamil 1,3%
- Tri Rismaharini 0,7%
- Khofifah Indar Parawansyah 0,7%
- Airlangga Hartarto 0,5%
- Mahfud Md 0,5
- Muhaimin Iskandar 0,3%
- Giring Ganesha 0,3%
- Lainnnya 9,1
- Tidak tahu/jawab 46,2%

Tidak ada komentar


Diberdayakan oleh Blogger.