Muncul Masyumi Reborn, Politikus PDIP Teringat Naga Bonar Reborn


Muncul Masyumi Reborn, Politikus PDIP Teringat Naga Bonar Reborn

lndonesia.org - Rencana dihidupkannya kembali Partai Masyumi sebagai parpol ramai diperbincangkan. Sejumlah deklarator Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) menyampaikan rencana itu saat Milad Masyumi ke-72. 

Meski begitu, anggota DPR Fraksi PDIP Hendrawan Supratikno menilai deklarasi ini hanya merupakan bagian dari marketing politik dari sejumlah tokoh KAMI.
  
"Istilahnya berkonotasi milenial. Jadi ingat Naga Bonar Reborn. Tapi saya melihatnya lebih sebagai 'marketing politik'. Demokrasi membuka ruang bagi eksperimen imajinasi dan kreativitas politik," ujar Hendrawan saat dihubungi, Senin (8/11). 

Hendrawan juga menilai wajar sikap KAMI yang berubah. Awalnya KAMI menegaskan tidak akan membentuk parpol, namun kini langkah yang diambil berbeda.  

Ia menganggap perubahan prinsip dan pandangan dalam dunia politik seringkali terjadi. 

"Saya ingat pernyataan ekonom besar John Maynard Keynes,'waktu berubah, kondisi berubah, saya juga berubah, Anda sendiri bagaimana. Jadi menurut saya, semua boleh-boleh saja, karena tak ada undang-undang yang dilanggar," kata Hendrawan. 

Hendrawan justru menilai dengan bergabungnya KAMI ke dalam suatu partai baru dalam hal ini Partai Masyumi akan memberikan manfaat.  

Masyarakat akan makin melihat kinerja KAMI. Bukan hanya sekadar menjadi organisasi yang muncul dan menyampaikan kritik ke pemerintah tanpa menghadirkan solusi. 

"Sebagai parpol, partisipasi eksponen KAMI akan lebih jelas dan solutif. Demokrasi deliberasi akan semakin kaya gagasan," tutupnya. []

Tidak ada komentar


Diberdayakan oleh Blogger.