Netizen Minta Akun yang Sebut Bintang Emon Pemakai Sabu Dijerat UU ITE


Netizen Minta Akun yang Sebut Bintang Emon Pemakai Sabu Dijerat UU ITE
lndonesia.org - Warganet geram setelah muncul meme yang menyatakan Bintang Emon adalah pengguna narkoba jenis sabu. Meme ini muncul tidak lama setelah Bintang me-roasting persidangan kasus Novel Baswedan ihwal rendahnya tuntutan hukuman terhadap dua pelakunya, Rahmat Kadir dan Ronny Bugis.

Salah satu netizen bahkan meminta agar penyebar meme itu dijerat dengan UU ITE karena dianggap telah menyebarkan fitnah, kabar bohong dan melakukan tindakan pidana pencemaran nama baik di dunia maya.

“Liat twitter pen ngakak kaya bintang emon di foto, masa cuma bikin sarkas via video lgsg di framming pakai narkoba, buzzeRp ini harusnya dijerat pasal 45 ayat (3) UU 19/2016 karena melanggar pasal 27 ayat (3) UU ITE tentang pencemaran nama baik di medsos,” cuit pemilik akun @Raffsssq.

Bintang Emon pun pada hari ini mejadi trending pertama di Twitter. Dengan hastag #bintangemon dan #BuzzerRp. Kemunculan meme itu bukannya membuat nama Bintang Emon jadi tercoreng, tapi justru semakin berninar karena banyak para pengguna media sosial semakin memberikan kepercayaan dan simpati.

“Negara panik dgn kritik @bintangemon, respons instan&murahnya adalah assasination lewat hestek& buzzerp. Kalau sudah panik banget, ia akan meretas perangkat pribadi&menangkap tanpa surat, seperti yg dialami Ravio Patra. Ravio bahaya karena ia periset&paham kebijakan publik,” tulis pemilik akun @mardiasih.

Selain dari kalangan masyarakat biasa, Bintang Emon juga mendapat dukungan dari para publik figur. Dua diantaranya adalah komedian Arie Kriting dan Pandji Pragiwaksono. Mereka meyakini fitnah terhadap Bintang menunjukkan bahwa yang bersangkutan memang berada pada posisi yang benar.

Arie Kriting mengatakan, sepanjang dirinya berteman dengan Bintang Emon, dia tidak melihat sisi pribadi yang aneh. Sebaliknya dia melihat Bintang menerapkan pola hidup sehat. Jangankan mengonsumsi obat-obatan terlarang, merokok pun tidak.

“Buzzer Fakyuuu. Siapa pun yang berpikir bahwa dengan cara begini, keadaan akan jadi lebih baik, coba kalian pikirkan lagi deh. Buzzer begini cuma memperkeruh situasi. Gak ada gunanya sama sekali. Siapa sih yang memelihara kebodohan begini,” kata Arie Kriting menyemprot pemilik akun Lintang Hanita yang menyebarkan meme Bintang Emon menggunakan sabu. []

Tidak ada komentar


Diberdayakan oleh Blogger.