Beredar Info 'Begal Gaya Baru' di Grup WA, Polisi: Itu Modus Lama


Beredar Info 'Begal Gaya Baru' di Grup WA, Polisi: Itu Modus Lama
lndonesia.org - Sebuah pesan berantai beredar di grup-grup WhatsApp. Pesan itu mengingatkan adanya aksi begal dengan 'gaya baru', yakni mengaku sebagai petugas leasing yang hendak mengambil motor.
Terkait informasi tersebut, Kasat Reskrim Polres Jakarta Timur AKBP Heri Purnomo mengatakan bahwa modus tersebut merupakan modus lama.

"Itu modus lama," Kasat AKBP Heri Purnomo kepada detikcom, Kamis (11/6/2020).


Heri mengatakan bahwa polisi juga sudah banyak menangkap pelaku-pelaku dengan modus serupa.

"Kan udah banyak yang kita tangkap dengan modus seperti itu, dulu yang di Pemuda(Jalan Pemuda) kan kita tangkap dengan modus serupa," ucap Heri.

Diketahui pesan berantai korban yang mengaku dibegal dengan gaya menyamar sebagai petugas leasing itu beredar di WhatsApp. Dalam pesan itu disebutkan bahwa peristiwa itu terjadi di wilayah Klender, Jakarta Timur.

Disebutkan, korban saat itu tengah mengendarai sepeda motor bersama anaknya tiba-tiba dipepet oleh dua pengendara motor. Korban diberhentikan dengan alasan motor yang dibawa korban menunggak pembayarannya.

Merasa curiga dengan para pelaku, korban tidak mau kalah dan mengajak pelaku ke tempat yang lebih ramai. Saat itu pelaku menjadi semakin banyak yang mengikuti dan korban memutuskan untuk mencari polisi untuk meminta perlindungan karena tidak merasa menunggak pembayaran kendaraan.

Dalam pesan itu disebut korban dan pelaku sempat terjadi cek-cok mulut karena korban tidak mau menyerahkan kendaraannya begitu saja kepada pelaku. Perdebatan itu menarik perhatian warga sekitar dan pelaku merasa sudah tidak aman akhirnya meminta maaf dan pergi begitu saja.

Begal Gaya Baru..

Di tengah Pandemic saat ini..banyak penjahat yg berkeliaran (apalagi banyak napi yg dibebaskan).
Mòdus baru pura2x dari petugas Leasing sehingga lebih berani ditengah keramaian..
Untuk pengendara motor agar lebih berhati hati , ini hampir terjadi pada saya sendiri..
Di siang hari, saat mengendarai motor (Nmax) berboncengan dengan anak saya di daerah Rumah Susun Klender tepatnya dari arah terminal pd kopi depan Ramayana perumnas menuju pertigaan ngurah rai ..tiba2 ada sepasang pengendara motor pakai kaos dan ada tato di leher memberhentikan sy dengan alasan motor saya menunggak angsuran dia bilang dari Leasing.
Saya : sy beli cash ..sambil mulai menjalankan motor kembali
Begal : Mau klarifikasi data..sambil membuka aplikasi HP...
Saya : sy tdk mau disini .(cari tempat ramai)
Begal : ok pa..ini tempat ramai.
Saya : sy tetap tdk mau .. kita kekantor polisi aza..
Sampai menuju putar balik dekat halte busway..tiba 2x sebelah kiri saya ada motor yg mepet lagi pura menanyakan ada apa pa..sy bilang ada yg ngaku petugas leasing nyetop motor saya..dia bilang ajak diskusi dulu aza cari tempat ramai..sy mulai curiga juga..kok tiba2x muncul dari sebelah kiri dan begal ada disebelah kanan..dan dibelakang ada juga yg membuntuti 2 orang lagi pakai motor..tanpa pikir panjang sy lgs tancap gas lagi menuju fly over penggilingan ..rupanya ke 3 motor tdi ngejar sambil mepet dari sebelah kanan teriak..ok pa bicara tempat ramaibtdk apa2x..
Saya bialang ga mau..kita cari kantor polisi..akhirnya pas turunan fly over sebelah kiri pengadilan walikota jakarta timur sy lgs parkir kesana menuju security..sy bilang ada orang coba nyetop saya sy bilang dari leasing..dilalahnya..petugas security hanya mengarahkan motor sy kepinggir dgn alasan menghalangi mobil masuk..
Ke 6 begal td menghampiri saya dengan PD nya..membawa surat tugas dari leasing..dg membuka HP ..coba aplikasi ..masukan plat nomor motor.. muncul nama (bambang) kemudian bilang motor saya menunggak..
Saya lgs marah ..sambil jaga jarak ( takut ditikam dari belakang)..sy tdk kredit..tdk ada hubungannnya dgn leasing..apalagi namanya salah (Sy SBR) sambil nunjukan KTP , namun dia ngotot alasan mo klarifikasi data.no.mesin dan rangka...tapi sy tidak kalah gertak..rupanya dia PD di tempat ramai dgn berpura2 jadi debt collector dan petugas leasing..dgn membawa surat tugas ..akhirnya setelah panjang lebar ribut dan mulai ada warga mulai ada yg mendekat..begal tersebut..sambil pura2x gunakan hp..bilang maaf pa sepertinya dari leasing ada salah input data.
(Hati2x..sekarang banyak begal motor modus leasing ).. jgn mau berhenti ditempat..cari tempat ramai tetapi jgn di lokasi tersebut..karena banyak komplotannya yg mengintai..cari tempat lain kantor polisi atau daerah yg ada sekurity nya).(dtk)

Tidak ada komentar


Diberdayakan oleh Blogger.