Saat Posisi Ahok di Pertamina Lebih Tinggi dari Dua Wamen


Saat Posisi Ahok di Pertamina Lebih Tinggi dari Dua Wamen
lndonesia.org - Menteri BUMN Erick Thohir dengan restu Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menunjuk Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Komisaris Utama Pertamina. Posisi Ahok di Pertamina kini membawahi dua Wakil Menteri yakni Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin dan Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara.

Profil Ahok telah terpampang di situs resmi Pertamina. Dalam profilnya, Ahok yang lahir tanggal 29 Juni 1966 ini berdomisili di Jakarta, Indonesia.

Ahok ditunjuk sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) sejak tanggal 22 November 2019 berdasarkan Keputusan Menteri BUMN selaku Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Pertamina (Persero) No.SK-282/MBU/11/2019 tanggal 22 November 2019.

"Basuki Tjahaja Purnama lulus dari jurusan Teknik Geologi, Fakultas Teknik Universitas Trisakti dan mendapatkan gelar Insinyur pada tahun 1989. Basuki menyelesaikan pendidikan magister pada Tahun 1994 dengan gelar Master Manajemen di Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya. Karir Basuki Tjahaja Purnama antara lain Anggota DPRD Kabupaten Belitung Timur periode (2004), Bupati Belitung Timur periode (2005), Anggota DPR RI (2009), Wakil Gubernur DKI Jakarta (2012), dan Gubernur DKI Jakarta (2014)," demikian keterangan tentang Ahok di situs resmi Pertamina.

Posisi Ahok ini membawahi Budi Gunadi Sadikin yang pada dasarnya adalah seorang Wakil Menteri. Budi Gunadi menjabat Wakil Menteri 1 Kementerian BUMN dilantik November 2019.

Di Pertamina, Budi Gunadi Sadikin menjabat sebagai Wakil Komisaris Pertamina.

Sementara, ada lagi Wakil Menteri yang menjabat sebagai Komisaris Pertamina. Ia adalah Suahasil Nazara. Suahasil merupakan Wakil Menteri Keuangan.

Untuk diketahui, Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wapres Ma'ruf Amin telah melantik 12 tokoh yang menjadi wakil menteri. Di antarnya Budi Gunadi Sadikin dan Suahasil Nazara yang dilantik pada 25 Oktober 2019.

Susunan Lengkap Komisaris dan Direksi Pertamina

Dengan itu berikut susunan lengkap Komisaris Pertamina :

Komisaris Utama : Basuki Tjahaja Purnama
Wakil Komisaris Utama : Budi Gunadi Sadikin
Komisaris : Ego Syahrial
Komisaris : Condro Kirono
Komisaris : Suahasil Nazara
Komisaris : Alexander Lay
Direksi Pertamina :

Direktur Utama : Nicke Widyawati
Direktur Keuangan : Emma Sri Martini
Direktur Hulu : Darmawan Samsu
Direktur Pengolahan : Budi Santoso Syarif
Direktur Pemasaran Koorporat: Basuki Trikora Putra
Direktur Pemasaran Ritel: Mas'ud Khamid
Direktur Logistik Supply Chain dan Infrastruktur : Gandhi Sriwidodo
Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia: Ignatius Tallulembang
Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko : Heru Setiawan
Direktur Sumber Daya Manusia (SDM): Koeshartanto
Direktur Manajemen Aset: M Haryo Yunianto [cb]

Tidak ada komentar


Diberdayakan oleh Blogger.