Header Ads

Loading...

Erdogan Ingin Bertemu Trump Bahas Zona Aman Suriah


Erdogan Ingin Bertemu Trump Bahas Zona Aman Suriah
lndonesia.org - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan berkeinginan untuk bertemu Presiden Amerika Serikat, Donald Trump untuk membahas operasi militer di Suriah dalam pertemuan Perserikatan Bangsa-Bangsa akhir bulan ini.


Dilansir dari Reuters, Sabtu (7/9), salah satu yang hendak dibahas adalah keinginan Erdogan membuat pemukiman bagi satu juta pengungsi Suriah.

Hal ini menyusul langkah Turki dan AS yang akan mulai patroli bersama pada Minggu (8/9) untuk membuat 'zona aman' di sepanjang perbatasan wilayah Suriah. Wilayah inilah yang hendak dijadikan lokasi pemukiman pengungsi Suriah.


Belakangan, Turki memang kelimpungan memenuhi kebutuhan pengungsi Suriah yang berjumlah sekitar 3,6 juta orang di barat laut Suriah. Oleh karenanya, Turki berusaha memperluas kehadiran militernya ke timur laut dan mendorong pejuang milisi Kurdi Suriah mengembalikan sebagian besar pengungsi.

Erdogan bahkan berencana memindahkan satu juta pengungsi ke Suriah Utara, namun proyek ini membutuhkan dukungan internasional yang besar. Terkait persoalan ini, Erdogan akan membahas langkah-langkah konkret dengan Trump dalam pertemuan Majelis Umum PBB.

Kita bisa melakukan pembangunan selama Anda (AS) memberi kami dukungan finansial," ujar Erdogan.

Menurut Erdogan, Turki telah menghabiskan 40 miliar dolar AS untuk mendukung pengungsi. Dalam perjanjian tiga tahun lalu, Uni Eropa memberikan sejumlah sekitar 5,5 miliar dolar AS pada Turki sebagai imbalan untuk membentuk imigran mendatangi Eropa. (Rmol)
Loading...

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.