Header Ads

Loading...

Ustaz Abdul Somad Mampu Sentuh Sisi Kebatinan Warga NU


Ustaz Abdul Somad Mampu Sentuh Sisi Kebatinan Warga NU

[lndonesia.org] - Dukungan Ustadz Abdul Somad (UAS) kepada Prabowo Subianto mampu menyentuh sisi kebatinan warga khususnya para kyai kultural Nahdlatul Ulama (NU).

"UAS mampu menghadirkan sisi kebatinan warga khususnya ulama kultural NU. Ketersentuhan ini yang saya yakin dapat mempengaruhi suara di basis warga NU,” kata Agus Salim Thoyib, mantan Kepala Sekretariat PBNU kepada RMOLJatim, Jumat (12/4).

Melihat video eksklusif TvOne yang diposting pada Kamis (11/4), Agus menyebut pertemuan kedua tokoh tersebut berisikan positioning yang pas, sekaligus bagaimana fungsionalisasi antara ulama dan umara

"Pemaparan dukungan UAS atas Prabowo bukan sekedar dukungan antara pendukung dan calon, tapi UAS mencoba masuk dan memposisikan diri sebagai seorang kyai yang segala keputusannya melibatkan suara umat dan seorang kyai yang dianggap lebih alim dari dirinya (penasehat spiritual?),” terangnya.

Terkait dengan pemberian hadiah minyak wangi dan tasbih UAS kepada Prabowo, Agus menilai hal itu sebagai simbolisasi bagaimana menyikapi semua persoalan hidup termasuk ketika menjadi pemimpin.

"Itu adalah pengejawentahan nilai sufistik yang mengena ke warga NU,” tuturnya.

Yang menarik adalah amanat UAS yang meminta Prabowo tidak mengundang dirinya ke Istana dan memberikan jabatan apapun jika jadi Presiden, lanjut Agus, hal ini seperti mengembalikan memori sebagian warga NU khususnya para ulama agar tidak memandang kekuasaan semata.

"Para ulama NU diingatkan bahwa kekuasaan bukan tujuan akhir,” tutupnya.

Sumber © lndonesia.org
Loading...

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.