Header Ads

Loading...

Kotak dan Surat Suara Pemilu 2019 di Lumajang Rusak Terkena Air Hujan


Kotak dan Surat Suara Pemilu 2019 di Lumajang Rusak Terkena Air Hujan

[lndonesia.org] - Sejumlah logistik untuk Pemilu 2019 dua kecamatan rusak. Kerusakan itu terjadi karena diguyur hujan saat distribusi logistik, Minggu (14/4/2019).

Kerusakan itu di antaranya kotak suara DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI dan kotak suara untuk pilihan presiden dan wakil presiden. Selain itu surat suara untuk DPRD kabupaten, DPR RI dan DPD serta formulir C-1 juga rusak.

Kejadian ini bermula saat petugas dari KPU Kabupaten Lumajang tengah mengirim logistik pemilu ke dua, Kecamatan Padang dan Klakah. Di tengah perjalanan truk pengangkut logistik ini diguyur hujan lebat hingga akhirnya rembesan air hujan masuk ke dalam kotak suara berserta isinya.

Surat suara di Lumajang rusak/Foto: Nur Hadi Wicaksono

"Awalnya kita pending yang di Kecamatan Klakah sempat kita pending karena di sana hujan deras. Saat hujan reda, baru kita berangkatkan. Tapi kita tidak menyadari jika di tengah jalan hujan deras lagi. Dari situ yang tidak kita prediksi. Karena truk terus jalan mengirim logistik. Saat tiba di Kecamatan Klakah dan ketika diturunkan ternyata rusak terkena rembesan air," kata Ketua KPU Lumajang Siti Mudawiyah saat dikonfirmasi.

Dia mengaku, kotak suara tersebut sudah dibungkus plastik. Namun tetap saja ada celah hingga akhirnya air masuk dan merusak di bagian sisi-sisinya. Kini KPU Kabupaten Lumajang masih melakukan identifikasi jumlah kerusakan logistik tersebut.

"Ada beberapa surat suara dan dokumen lain dan masih kita identifikasi karena kondisinya terparah. Nanti kita koordinasi untuk dilakukan pemenuhan, baik setting maupun formarger karena ini terkena keadaan bencana," ujarnya.

Sumber © lndonesia.org
Loading...

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.