Header Ads

Loading...

Kena Hujan, Ribuan Kotak Suara untuk Bogor Penyok


[lndonesia.org] - Distribusi kotak suara Pemilu 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah se-kabupaten Bogor terkendala cuaca hujan. Salah satunya wilayah Kecamatan Tamansari, di bawah kaki Gunung Salak.

Akibat hujan deras, sebagian kotak suara yang tiba pukul 18.20 WIB tadi mengalami kerusakan dan penyok. Di wilayah ini sebanyak 12 truk yang berisi 1.720 kotak akan didistribusikan ke 344 di delapan desa. Pantauan VIVA di lokasi, penyoknya kotak suara disebabkan kondisi dalam boks truk bocor.

"Kondisi logistik yang sekirannya rusak kita ajukan dulu ke KPU Kabupaten Bogor. Seandainya stok di KPU kabupaten kosong, maka KPU ke KPU RI, barangkali masih ada," kata Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamtan Tamansari, Muklish Nugraha, kepada VIVA di lokasi, Sabtu, 13 April 2019.

Muklish mengatakan, permintaan kotak suara akan dilakukan ke KPUD kabupaten jika kerusakan tidak bisa diperbaiki. Namun saat ini, kata dia, kotak suara masih bisa diperbaiki dengan mengeringkan dan menggunakan plester perekat.

"Kami usahakan perbaiki dengan lakban dan dilapisi kardus lagi," katanya.

Muklish menjelaskan, kendala lain yang dihadapi KPU Kabupaten Bogor yakni belum lengkapnya beberapa item formulir seperti C2, C3, C4, C5 dan C7. Sementara di wilayah kecamatan lain masih terdala kekurangan surat. "Kecamatan Tamansari sendiri sudah lengkap," katanya.

Khusus di Kecamatan Tamansari, pendistribusian sendiri ke delapan desa menggunakan roda empat dan roda dua. Termasuk satu TPS yang hanya ditinggali 98 warga yang memiliki hak suara. Hujan menjadi kendala yang paling dikhawatirkan oleh KPU. Untuk mengatasi rusaknya kotak suara, kata Muklish, pemilihan diselenggarakan di gedung sekolah, dan bangunan yang besar.

"Sementara yang kita khawatirkan sendiri adalah cuaca maka diawal sosialisasi di bidang teknis kami mengharapkan menggunakan ruangan sekolah dan garasi sehingga saat cuaca tidak mendukung aman dalam melangsungkan pemilu," kata Muklish. [viva]


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.