Header Ads

Loading...

Mantan Menkes: Jokowi-Ma'ruf Akan Unggul pada Debat Tema Kesehatan


Mantan Menkes: Jokowi-Ma'ruf Akan Unggul pada Debat Tema Kesehatan

[lndonesia.org] - Mantan Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi menilai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin akan lebih unggul dalam debat ketiga terkait tema kesehatan. Debat ke 3 rencananya dilaksanakan pada 17 Maret 2019 di Hotel Sultan dengan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan serta sosial dan kebudayaan.

"Pasti paslon satu lah. Dia sudah pengalaman lima tahun. Yang bagus 01 itu dia melanjutkan yang pembangunan kesehatan sebelumnya. Tetapi kalau yang kita lihat, kalau calon pemimpin yang mengubah semua itu berarti dia tidak menguasai data," ungkap Nafsiah pada diskusi polemik MNC Trijaya dengan tema Menuju Debat III Menakar Visi Kesehatan, di D'consulate Resto, Jakarta Pusat, Sabtu (9/3/2019).

Menkes periode 2012-2014 itu juga mengungkapkan pasangan Jokowi-Ma'ruf sering menyinggung salah satu program Kementerian Kesehatan yakni soal penurunan prevalensi balita pendek atau biasa disebut stunting. Perlu diketahui, Kementerian Kesehatan mengungkapkan dalam pembangunan kesehatan periode tahun 2015-2019 difokuskan pada empat program prioritas.

Keempat program itu adalah penurunan angka kematian ibu dan bayi, penurunan prevalensi balita pendek (stunting), pengendalian penyakit menular dan pengendalian penyakit tidak menular "Saya kira paslon 01 yang secara khusus menyebut stunting. Kalau paslon 02 saya kira tidak," ujarnya.

Selain itu, dalam mendorong penurunan prevalensi balita pendek (stunting) dan meningkatkan angka kesehatan, lanjut Nafsiah, pemerintah perlu melakukan pencegahan dan peningkatan pada aspek gizi ibu dan anak. "Kita mulai dari preventif promotif, perbaikan gizi mulai dari dalam kandungan. Baik gizi ibu dan anak," ucapnya.

Sumber © lndonesia.org


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.