Header Ads

Loading...

Jaga Kredibilitas, KPU Berharap Lembaga Survei Buka Sumber Dananya


Jaga Kredibilitas, KPU Berharap Lembaga Survei Buka Sumber Dananya

[lndonesia.org] - Lembaga survei kerap memaparkan hasil riset temuannya. Bahkan di Pemilu 2019 ini lembaga survei sering melakan riset soal elektabilitas pasangan capres dan cawapres.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy’ari berharap lembaga survei mau buka-bukaan mengenai sumber dana yang didapat untuk melakukan riset tersebut.

“Kalau ada biaya yang digunakan untuk survei itu dari mana, metodenya seperti apa,” ujar Hasyim dalam diskusi di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (9/3).

Foto: Dwi Andayani/detikcom

Menurut Hasyim, sangat penting apabila sumber dana riset dibeberkan. Karena lembaga survei tersebut akan dicap kredibel oleh masyarakat karena independen.

‎”Bagi kami yang penting itu, untuk menjaga kredibilitas lembaga survei tersebut,” katanya.

Meski demikian, lembaga survei kredebel juga bisa dilihat dari orang-orang yang berada di dalamnya. Termasuk tidak membuat survei yang tujuannya memberikan pengiringan opini kepada masyarakat.

“Mendeteksi abal-abal atau tidak dapat dilihat apakah orang-orang yang terlibat di situ ada background akademik yang memadai atau tidak, apakah kredibel yang tidak akan mempertaruhkan reputasi sebagai kampanye,” pungkasnya.

Sumber © lndonesia.org


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.