Di Lapas Tangerang yang Terbakar, Pernah Heboh Napi China Kabur dengan Cara Gali Lubang


Di Lapas Tangerang yang Terbakar, Pernah Heboh Napi China Kabur dengan Cara Gali Lubang


lndonesia.org - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang, Banten mengalami kebakaran hebat pada Rabu (8/9/2021). Akibat insiden itu, setidaknya 41 narapidana (napi) yang menghuni blok tersebut ditemukan dalam keadaan tewas.

Di Lapas tersebut, pernah ada kasus yang menghebohkan, yakni saat seorang napi Warga Negara Asing (WNA) asal China kabur dari sel tahanan dengan cara menggali lubang.

Adalah Cai Changpan, napi terpidana mati karena kasus narkoba itu menghabiskan waktu delapan bulan untuk menggali 'lubang kebebasan' dari kamar selnya hingga menembus selokan.

Pada 14 September 2020, dia berhasil menerobos lubang tersebut hingga menembus selokan, lalu berjalan dengan tenang di luar Lapas Kelas 1 Tangerang. Sayang, aksi nekatnya pada saat itu terekam CCTV.

Dari hasil pemeriksaan polisi, Cai menggali lubang sejauh 30 meter dengan diameter mencapai dua meter. Lubang itu digalinya dengan menggunakan alat-alat seperti sekop kecil, besi, obeng, pahat, dan karung.

Alat-alat tersebut, kata polisi, diambil Cai dari lokasi proyek pembangunan di Lapas Kelas 1 Tangerang yang saat itu tengah membangun dapur.

Selama delapan bulan Cai menggali lubang tersebut. Tanah-tanah hasil kerukannya dia taruh di dalam karung plastik, lalu dibuang di tumpukan sampah.

Lokasi lubang yang digali Cai itu berada persis di bawah kasurnya dalam sel. Polisi mengatakan Cai melakukan aksinya itu pada malam hari, mulai pukul 22.00 hingga 05.00.

Sesaat setelah lubang digali, Cai menutup lubang dengan karung, lalu ditutup lagi dengan kasurnya.

Tiga hari kemudian setelah Cai berhasil kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang, dia diciduk polisi di daerah Sukabumi, Jawa Barat pada Oktober 2020. Cai sendiri terpidana mati berdasarkan putusan hakim di Pengadilan Negeri Tangerang pada Juli 2017. (indozone)

Tidak ada komentar


Diberdayakan oleh Blogger.