Lapan Sebut Kilatan Cahaya di Gunung Raung Itu Meteor, Tapi...


Lapan Sebut Kilatan Cahaya di Gunung Raung Itu Meteor, Tapi...


lndonesia.org - Ada kilatan cahaya yang terekam di atas Gunung Raung. Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin menyebut itu meteor berdasarkan analisisnya.

Namun ia menjelaskan, meteor itu tidak jatuh di Gunung Raung. Menurutnya, itu ditunjukkan dari citra satelit Himawari, bahwa meteor menerangi awan rendah.

"Analisis saya, meteor tidak jatuh di Gunung Raung, hanya melewatinya, hanya melintas medan pandang CCTV," ujar Thomas kepada detikcom, Sabtu (5/6/2021).

Ia kemudian menjelaskan lebih rinci soal meteor itu. "Analisis saya, berdasarkan citra CCTV, tampaknya itu adalah meteor besar yang menerangi awan di dekatnya. Arah datang meteor di medan pandang CCTV adalah dari arah bawah, artinya lintasannya mengarah posisi CCTV," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, ada kilatan cahaya yang terekam di atas Gunung Raung. Cahaya tersebut tertangkap kamera CCTV Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung. Kilatan cahaya tersebut terekam pada Jumat (4/6/2021) sekitar pukul 19.51 WIB.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, Mukijo membenarkan adanya kilatan cahaya di atas Gunung Raung. "Memang benar ada kilatan di atas Gunung Raung. Itu terekam dalam CCTV kami," ujarnya.

Namun Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Pasuruan sebelumnya memastikan itu bukan meteor. "Analisa dari Lapan untuk sementara itu jelas bukan meteor karena dari tangkapan citra satelit Himawari, BMKG, itu kejadiannya terlihat di pukul 19.20 WIB dan 19.50 WIB. Jadi kalau meteor kan tidak mungkin ada perulangan," kata Kepala Lapan Pasuruan, Dian Yudha Risdianto.(dtk)

Tidak ada komentar


Diberdayakan oleh Blogger.