Netizen Kebangetan, Istana Negara di Ibu Kota Baru Dibilang Mirip Panggung DWP


Netizen Kebangetan, Istana Negara di Ibu Kota Baru Dibilang Mirip Panggung DWP

lndonesia.org - Rancangan yang disebut sebagai pradesain Istana Negara karya pematung Nyoman Nuarta, viral di media sosial. Bakal Istana Negara di ibu kota baru itu, berupa bangunan berlatar struktur patung berbentuk Garuda yang tinggi menjulang.

Gambar tersebut awalnya diunggah oleh akun instagram milik Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa. Kemudian visualisasinya juga diunggah di akun instagram dan twitter Presiden Joko Widodo (Jokowi). Juru Bicara Kepresidenan, Fajroel Rachman dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang juga merupakan arsitek pun ikut mengunggah visualisasi desain tersebut.

"Ini pradesain Istana Negara Indonesia di Ibu Kota Negara baru di Kalimantan yang ramai dibicarakan? Presiden @jokowi meminta masukan. Apa pendapatmu?" tulis Ridwan Kamil dalam akun Instagramnya, seperti dikutip pada Selasa (6/4).

Namanya pendapat, tentu saja beragam. Ada yang memuji, ada pula yang mengkritik. Terlepas dari dua pro dan kontra itu, sejumlah netizen menilai desain karya Nyoman Nuarta di ibu kota baru itu mirip panggung DWP alias Djakarta Warehouse Project. 

"Desainnya mirip seperti panggung DWP ya," tulis akun @mey_elyaser. Bahkan netizen lain menilai, desain panggung DWP lebih bagus. "Mirip desain panggung DWP ya, tapi masih bagusan DWP," cuit akun @berisiko. Ada juga yang menyebut desain itu tak mencerminkan Istana Negara. "Lebih mirip panggung DWP ketimbang istana negara," timpal akun @_alifianfarhann.

DWP atau Djakarta Warehouse Project sendiri merupakan event musik elektronik tahunan yang digagas dan digelar Ismaya Group di Jakarta. Terakhir kali pertunjukan ini digelar secara offline pada 2019 lalu sebelum pandemi COVID-19 melanda.

Dalam acara yang berlangsung di JIEXPO Kemayoran itu, latar panggungnya memang berupa struktur burung yang mengepakkan sayap lebar. Sekilas memang mirip desain Istana Negara karya Nyoman Nuarta. []

Tidak ada komentar


Diberdayakan oleh Blogger.