KSAL Yakin Nanggala-402 Tenggelam Bukan Karena Human Error


KSAL Yakin Nanggala-402 Tenggelam Bukan Karena Human Error


lndonesia.org - Pihak Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut masih terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pasti tenggelamnya KRI Naggala 402 di perairan utara Bali.

Namun demikian, Kepala Staf TNI AL, Laksamana Yudo Margono menyebut bahwa tenggelamnya kapal selam buatan Jerman tersebut bukan karena faktor manusia.

"Hasil investigasi nanti menunggu kapalnya diangkut ke atas, tapi penyebab awal kemarin saya sampaikan bahwa kapal ini bukan atau tidak karena human error,” kata KSAL, Minggu (25/4).

Indikasi tidak adanya kesalahan manusia dalam tenggelamnya KRI Nanggala lantaran adanya fakta tentang prosedur penyelaman yang terekam oleh TNI AL sebelum melakukan penyelaman.

“Pada saat proses menyelam itu sudah melalui prosedur yang betul, dari lapoarn penyelaman, dan melaksanakan peran-perannya untuk menyelam, saat menyelam lampu menyala semua. Artinya tidak black out,” katanya.

KRI Nanggala 402 baru dinyatakan black out pada Rabu dini hari (21/4). TNI AL pun kini masih menunggu badan kapal diangkut ke permukaan untuk menginvestigasi tenggelamnya KRI Nanggala.

“Saat menyelam langsung hilang, ini yang akan kita investigasi tentunya (setelah) badan kapal tadiangkat. Saya berkeyakinan ini bukan human error, tapi karena faktor alam,” tandasnya.(RMOL)

Tidak ada komentar


Diberdayakan oleh Blogger.