Prabowo Dilema, Tetap Jadi Anak Buah Jokowi atau Keluar Koalisi Tanpa Disambut Pendukung


Prabowo Dilema, Tetap Jadi Anak Buah Jokowi atau Keluar Koalisi Tanpa Disambut Pendukung

lndonesia.org - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dinilai dalam situasi dilematis usai kader kesayangannya Edhy Prabowo dicokok Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pengamat politik Universitas Nasional, Andi Yusran mengatakan, saat ini Prabowo sedang bingung apakah akan keluar dari koalisi atau bertahan di pemerintahan.

Sebabnya, para pendukung Prabowo saat pemilihan presiden (Pilpres) 2019 lalu sudah meninggalkannya karena Ketum Gerindra itu lebih memilih masuk koalisi pemerintahan Joko Widodo.

Di sisi lain, kata Andi, masuknya Prabowo sejak awal telah menganggu kenyamanan partai koalisi yang sejak awal menjadi pendukung Joko Widodo.

Andi menganalisa, kasus korupsi yang menimpa Edhy Prabowo bisa saja merupakan murni kasus hukum.

"Memang dilematis, tetap bertahan di kabinet dan dikepung oleh mantan lawan politiknya atau keluar dari kabinet dengan kondisi tanpa kawan penyambut karena pendukung yang sudah putar haluan," demikian analisa Andi Yusran kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (28/11).

Andi mengatakan Prabowo harus sadar bahwa paska tertangkapnya Edhy Prabowo rating politiknya dan Partai Gerindra akan menurun drastis.

Dalam situasi seperti saat ini, Andi memprediksi Prabowo akan tetap berada dalam koalisi pemerintahan Joko Widodo.

"Dan pilihannya paling mungkin Prabowo bertahan di kabinet," demikian kata Andi. []

Tidak ada komentar


Diberdayakan oleh Blogger.