Edhy Prabowo, Dipecat dari Akmil, Merantau ke Jakarta, dan Disekolahkan Prabowo


Edhy Prabowo, Dipecat dari Akmil, Merantau ke Jakarta, dan Disekolahkan Prabowo

lndonesia.org - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menjadi tersangka dalam kasus dugaan suap terkait perizinan tambak, usaha dan atau pengelolaan perikanan atau komoditas perairan sejenis lainnya tahun 2020.

Ia diduga menerima suap dari perusahaan-perusahaan yang mendapat penetapan izin ekspor benih lobster menggunakan perusahaan "forwarder". Duit itu ditampung dalam satu rekening hingga mencapai Rp 9,8 miliar.

Dengan penangkapan itu, Edhy juga menjadi menteri ketiga di era Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang terjerat kasus di KPK. Lantas, seperti apa sosok Edhy?

Dilansir dari berbagai sumber, Edhy pernah menjadi atlet pencak silat nasional. Selain pernah berhasil di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON), ia juga pernah mengikuti kejuaraan tingkat mancanegara.

Edhy merupakan taruna di Akademi Militer di Magelang, Jawa Tengah. Ia masuk ke Akmil, yang dulu bernama Akabri, pada 1991. Namun, ia hanya bertahan 2 tahun. Ia dikeluarkan karena kesalahannya.

Merantau ke Jakarta, Edhy kemudian berkenalan dengan Prabowo Subianto yang masih berpangkat letnan kolonel dan menjabat Komandan Grup III Kopassus TNI AD.

Ia disekolahkan Prabowo di Fakultas Ekonomi Universitas Moestopo dan berlatih silat setiap pekan di Batujajar, Bandung. Edhy pun menjadi orang dekat dan kepercayaan Prabowo sejak itu.

Pria kelahiran Muara Enim, Sumatera Selatan, pada 24 Desember 1971 ini juga mendampingi Prabowo saat bermukim di Yordania setelah dipecat dari militer dengan pangkat jenderal bintang tiga.

Saat Prabowo mendirikan Partai Gerindra pada 2008, Edhy ikut bergabung. Dia juga mengikuti Pemilihan Legislatif 2009 dan dapil Sumatera Selatan I, kampung halamannya.

Sudah dua periode dia menjadi anggota DPR, Edhy terpilih lagi dalam Pemilu 2019. Pada periode 2009-2014 dia menjabat Ketua Komisi VI (perdagangan, perindustrian, koperasi, dan Badan Usaha Milik Negara). Sedangkan pada 2014-2019, Edhy menjadi Wakil Ketua Komisi IV (pertanian, perkebunan, kelautan, kehutanan, perikanan, dan pangan).

Edhy Prabowo juga menjabat Ketua Harian Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (PB IPSI) dan Prabowo Subianto adalah ketua umumnya. []

Tidak ada komentar


Diberdayakan oleh Blogger.