Terekam, Kapal Selam Nuklir Cina di Pangkalan Bawah Tanah di Laut Cina Selatan


Terekam, Kapal Selam Nuklir Cina di Pangkalan Bawah Tanah di Laut Cina Selatan
lndonesia.org - Perusahaan pencitraan militer Amerika, Planet Labs, mengunggah foto satelit kapal selam nuklir Cina tipe 093 memasuki terowongan menuju pangkalan angkatan laut bawah tanah Yulin di pulau Hainan di Laut Cina Selatan.

Foto satelit yang disebut pemandangan yang jarang terlihat itu diunggah ke media sosial Radio Free Asia pekan ini.

Komentar pun bermunculan setelah menyaksikan foto satelit kapal selam nuklir Cina ini. Seorang pengguna akun Twitter menuliskan:"Bond, James Bond."

Lainnya mengaitkannya dengan kisah fiksi Nautilus dari novel Jules Verne berjudul 20000 Leagues Under the Sea.

Menurut Drew Thompson, mantan pejabat Kementerian Pertahanan Amerika Serikat dan sekarang bekerja di Sekolah Kebijakan Publik Lee Kuan Yew di Universitas Nasional Singapura, foto kapal selam Cina itu merupakan penampakan yang jarang terjadi.

"Yang tidak biasa adalah pangkalan bawah tanah Cina. Begitulah cara Beijing menyembunyikan banyak perangkat keras militernya, dari kapal selam hingga sistem rudal yang berbasis jauh di pedalaman," kata Thomson.

"Warga Cina memiliki pengalaman luar biasa dalam membangun fasilitas bawah tanah. Ini sesuai dengan budaya strategis mereka," ujarnya.

Pangkalan militer Yulin di ujung selatan pulau Hainan berada sekitar 470 kilometer arah barat daya Hon Kong. Ia merupakan salah satu fasilitas kunci Cina untuk melindungi aset angkatan lautnya.

Kapal selam Cina tipe 093 diperkirakan satu dari sekitar 6 armada kapal selam Cina. Tipe 093 hadir dalam 3 versi dengan dilengkapi persenjataan torpedo rudal penyerang.[]

Tidak ada komentar


Diberdayakan oleh Blogger.