Ssst.. Yel-yel Banser 'Jum Jumareka' Ternyata Mirip Lagu dari Era Kekhalifahan Turki Utsmani


Ssst.. Yel-yel Banser 'Jum Jumareka' Ternyata Mirip Lagu dari Era Kekhalifahan Turki Utsmani
lndonesia.org - Kesultanan Turki Utsmani Membentang dari Afrika Utara Hingga Sebagian Asia dan Eropa Kesultanan Turki Utsmani menyerap beberapa tradisi, seni dan budaya dari daerah taklukan mereka. Banyak tradisi dan ciri-ciri budaya kerajaan sebelumnya (di bidang-bidang seperti arsitektur, masakan, musik, olahraga dan pemerintah) yang diadopsi oleh Turki Utsmani dan berasimilasi menjadi budaya Turki Utsmani.

Kini negara besar itu tumbang , menyisakan negara negara kecil yang saling memperebutkan budaya.

Kâtibimatau disebut juga Üsküdar'a Gider İken adalah lagu rakyat yang berasal dari turki, melodinya dapat ditemukan di hampir semua lagu rakyat bekas daerah Kesultanan Utsmani.

Banyak versi dari lagu tersebut diadaptasi di negara-negara tetangga Turki dan seluruh dunia, biasanya dengan lirik yang sangat berbeda. Detailnya bisa dilihat di wikipedia.

Berikut beberapa musik instrumen lagu Kâtibimatau (Üsküdar'a Gider İken ) dari berbagai versi,




Tak hanya itu, lagu Kâtibimatau juga diadaptasi kedalam lagu berbahasa Indonesia. Di antaranya lagu "Sulis - Rindu Bertemu Nabi".

Anggota ormas Banser NU juga sering menyanyikan yel-yel "Jum Jumarika" dengan nada mirip lagu dari era Kekhalifaan Turki Utsmani tersebut.



Tidak ada komentar


Diberdayakan oleh Blogger.