Rizal Ramli Benar, Ahok Nggak Mampu Jadi Komisaris Di Perusahaan Sekelas Pertamina


Rizal Ramli Benar, Ahok Nggak Mampu Jadi Komisaris Di Perusahaan Sekelas Pertamina
lndonesia.org - Ramalan tokoh senior, DR. Rizal Ramli yang sempat menyebut Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tidak cocok jadi komisaris utama PT Pertamina (Persero) seolah jadi nyata. Sebab di bawah pengawasan Ahok, Pertamina justru merugi Rp 11 triliun lebih.

Begitu oleh Direktur Ekskutif Oversight of Indonesia's Democratic Policy, Satyo Purwanto yang sependapat dengan Rizal Ramli bahwa mantan narapidana kasus penistaan agama itu tidak akan mampu menjadi Komisaris Utama (Komut) di Pertamina. Ramalan itu sendiri didasarkan pada pengalaman Ahok yang tidak pernah berkecimpung di perusahaan besar.

"Mungkin benar analisis Rizal Ramli bahwa memang Ahok ngga cocok dan nggak perform sebagai Komisaris Pertamina, karena memang tidak punya kemampuan dan pengalaman di korporasi sekelas Pertamina," ujar Satyo Purwanto kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (27/8).

Mantan Sekjen ProDEM ini menilai bahwa tidak performnya Ahok dapat dilihat dari kebiasaannya saat menjabat sebagai Wakil maupun Gubernur DKI Jakarta yang selalu menyalahkan anak buah.

Apalagi, baru-baru ini Ahok berkilah bahwa dirinya  tidak mendapatkan laporan mengenai kerugian Pertamina di semester 1-2020 ini yang mencapai Rp 11,33 triliun dari Direktur Utama (Dirut) Pertamina.

Lebih lanjut dia Pemerintah mesti segera turun tangan untuk menyelamatkan Pertamina dengan segera mengganti seluruh dewan direksi dan dewan komisaris dan mengembalikan Pertamina sebagai NOC bukan sebagai perusahaan trader, batalkan restrukturisasi dan batalkan rencana IPO Pertamina," demikian saran Satyo mengakhiri.(rmol)

Tidak ada komentar


Diberdayakan oleh Blogger.