Ratusan WNI Kena Corona di Arab Saudi, Biaya Pengobatan Ditanggung Kerajaan


Ratusan WNI Kena Corona di Arab Saudi, Biaya Pengobatan Ditanggung Kerajaan
lndonesia.org -  Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menyampaikan ada 185 warga negara Indonesia (WNI) yang terinfeksi Virus Corona atau Covid-19 di Arab Saudi. Bagi yang dinyatakan positif, seluruh biaya pengobatannya akan ditanggung Kerajaan Arab Saudi.

Direktur Pelindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kemenlu Judha Nugraha mengatakan, hingga saat ini masih ada 82 WNI yang dirawat, 52 orang sembuh dan 51 orang meninggal dunia. Rata-rata WNI yang terkena Covid-19 merupakan pekerja migran.

"Warga negara kita yang banyak terpapar Covid-19 adalah golongan pekerja migran kita yang bekerja di sektor domestik, juga sebagai supir dan perawat," kata Judha saat menjelaskan secara virtual, Jumat (17/7/2020).

Mayoritas WNI yang terkena Covid-19 itu berada di wilayah Jeddah, Mekkah, Madinah dan Taif. Terkait dengan biaya perawatan bagi pasien positif Covid-19, Judha menyebut Kerajaan Arab Saudi yang menanggung seluruhnya.

"Kerajaan Arab Saudi menanggung seluruh biaya perawatan bagi warga yang positif terinfeksi Covid bahkan untuk yang undocumented (ilegal) juga tetap diberikan pelayanan tersebut," ujarnya.

Karena penularan Covid-19 di Arab Saudi belum juga mereda, maka KBRI dan KJRI setempat senantiasa memberikan imbauan kepada seluruh WNI untuk menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan. []

Tidak ada komentar


Diberdayakan oleh Blogger.