Ribuan Tentara India Dikerahkan ke Perbatasan China, Mau Perang?


Ribuan Tentara India Dikerahkan ke Perbatasan China, Mau Perang?
lndonesia.org - Ternyata ada fakta lain yang cukup mengejutkan di balik upaya perdamaian antara China dan India terkait ketegangan sengketa perbatasan di Ladakh.

Diam-diam India baru saja terpantau mengerahkan pasukan besar-besaran ke Ladakh. Dari sebuah rekaman video amatir yang disiarkan pengamat militer India Chhipa, Selasa 9 Juni 2020.

Dalam rekaman video berdurasi selama 2 menit tersebut terlihat ribuan infanteri militer India tiba dengan menggunakan ratusan truk besar di Ladakh. Hanya saja tak disebutkan lokasi pengerahan pasukan besar-besaran itu.

"Di suatu tempat di Ladakh dekat LAC," tulis Chhipa.

Jika apa yang dilakukan India ini diketahui China, tentu saja akan kembali memanaskan tensi di perbatasan dan upaya perdamaian yang sedang dibangun terancam gagal. Sebelumnya bulan Mei 2020 militer kedua negara sempat bertikai di perbatasan ini.

Sebelumnya diketahui  militer kedua negara sempat bertemu di Chushul-Mldo. Dalam pertemuan itu, militer China diwakili Komandan Daerah militer Xinjiang Selatan, Mayjen Liu Lin. Sedangkan India diwakili Komandan Korps 14, Letjen Harinder Singh yang bermarkas di Leh.

"Kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikan situasi di wilayah perbatasan secara damai sesuai dengan berbagai perjanjian bilateral dan tetap memperhatikan kesepakatan antara para pemimpin bahwa perdamaian dan ketenangan di wilayah perbatasan India-China sangat penting untuk pengembangan keseluruhan hubungan bilateral," kata Kemenlu India. []

Tidak ada komentar


Diberdayakan oleh Blogger.