Muak dengan Kegilaan China, Amerika Kirim Dua Kapal Induk ke Pasifik


Muak dengan Kegilaan China, Amerika Kirim Dua Kapal Induk ke Pasifik
lndonesia.org - Amerika Serikat (AS) menunjukkan respons terkait kampanye militer China yang terus meningkat, dan dianggap mengancam kedaulatan sejumlah negara. Dua kapal induk, USS Nimitz dan USS Ronald Reagan, dikerahkan Angkatan Bersenjata AS (US Armed Forces) ke samudera pasifik, dengan tugas mengamankan wilayah tersebut.

Rentetan insiden di Laut China Selatan terjadi sepanjang tahun ini. Penenggelaman kapal ikan berbendera Vietnam, intidasi yang dilakukan Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) kepada kapal perang Filipina, serta klaim terhadap dua wilayah di Kepulauan Sparatly dan Kepulauan Macclesfiled, adalah tindakan China yang membuat AS geram.

Tak cuma itu, China juga tengah berseteru dengan Taiwan dan Hongkong. Dimana kedua negara tetangga Negeri Tirai Bambu itu adalah sekutu AS di Asia selain Jepang.

Menurut laporan yang dikutip dari Naval News, USS Ronald Reagan sudah meninggalkan Pelabuhan Yosuka, Jepang, Senin 8 Juni 2020. Tak cuma USS Ronald Reagan, USS Nimitz juga dikabarkan sudah berangkat dari Pangkalan Angkatan Laut San Diego, California, di hari yang sama.

Kedua kapal ini akan bertugas untuk mengamankan perairan kawasan Pasifik dan Laut China Selatan. USS Ronald Reagan akan membawa sejumlah jet tempur dari grup tempur Air Wing 5, dan Skuadron Penghancur 15, armada tempur udara dari Angkatan Laut AS (US Navy).

Tak cuma USS Nimitz dan USS Ronald Reagan. Sejumlah kapal perang juga ikut berlayar bersama kedua kapal induk itu. Tercatat ada tiga kapal perang dengan kelas berbeda yang akan ikut dalam misi pengamanan ini.

USS Princeton (CG 59) adalah kapal rudal kendali kelas-Ticonderoga. Kemudian ada tiga kapal perang penghancur rudal kendali, USS Sterett (DDG 104) dan USS Ralph Johnson (DDG 114). Ketiga kapal perang ini akan memperkuat armada militer AS untuk melaksanakan operasi keamanan maritim global. []

Tidak ada komentar


Diberdayakan oleh Blogger.