Header Ads

Loading...

Hadiri ADMM Plus, Prabowo Akan Bertemu Menhan ASEAN Termasuk AS dan China




Hadiri ADMM Plus, Prabowo Akan Bertemu Menhan ASEAN Termasuk AS dan China
lndonesia.org - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dijadwalkan menghadiri rangkaian pertemuan ASEAN Defence Ministers' Meeting (ADMM) Retreat dan 6th ADMM Plus yang berlangsung di Thailand, Sabtu (16/11).

Dilansir dari laman resmi Kementerian Pertahanan, Prabowo sendiri telah berangkat pada Kamis pagi (14/11) bersama rombongan. Namun, bukan ke Thailand melainkan Malaysia untuk melakukan kunjungan kehormatan.

Setelah dari Malaysia, tepatnya pada hari ini, Ketua Umum Gerindra tersebut akan terbang ke Bangkok.

Nantinya, selain akan bertemu dengan sepuluh Menteri Pertahanan negara-negara ASEAN, dia juga akan bertemu dengan Menteri Pertahanan negara-negara mitra seperti Amerika Serikat, Australia, China, Jepang, Korea Selatan, Selandia Baru, India dan Rusia.

Dimuat South China Morning Post, isu konflik Laut China Selatan tampaknya akan menjadi fokus dalam agenda pertemuan ADMM Plus. Hal ini pun diungkapkan oleh Akademisi Malaysia's Institute of Strategic and International Studies, Shahriman Lockman.

"Laut China Selatan akan mendominasi atau setidaknya menjadi headline dalam pertemuan ADMM Plus ke-6," ujarnya seraya mengungkapkan saat ini tengah terjadi peningkatan ketegangan antara Vietnam dan China di wilayah sengketa tersebut.

Meski Indonesia bukan claimant state di konflik LCS, namun Indonesia selalu berperan aktif dalam hal perdamaian dan keamanan kawasan sehingga suara Prabowo menjadi sangat penting dalam forum tersebut. [rm]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.