Header Ads

Loading...

Kata Instagram soal Postingan Habib Rizieq yang Hilang


Kata Instagram soal Postingan Habib Rizieq yang Hilang

[lndonesia.org] - Beberapa netizen memperbicangkan postingan yang mengandung pentolan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab di-take down atau dihapus Instagram. Bagaimana tanggapan jejaring sosial milik Facebook itu?

Salah satu yang mengalaminya adalah Anto yang berhasil dihubungi CNNIndonesia.com. Anto, bukan nama sebenarnya, mengunggah beberapa foto dalam kampanye akbar capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno di Gelora Bung Karno pada Minggu (7/4).

Salah satu yang ia unggah, poster yang berisi gambar pentolan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dalam Instagram Story pada Minggu siang. Namun, di hari yang sama postingan tersebut tiba-tiba lenyap.

Pihak Instagram pun memberi respons. "Kami ingin agar semua orang yang menggunakan Instagram merasa aman dan nyaman saat mereka berbagi cerita maupun berhubungan dengan teman dan keluarganya. Instagram terbuka untuk orang berdiskusi mengenai beragam topik dan gagasan serta meningkatkan kesadaran akan isu yang penting bagi masyarakat, namun kami akan menghapus konten yang melanggar Pedoman Komunitas yang telah ditetapkan," kata juru bicara Instagram.

"Keamanan komunitas kami adalah tanggung jawab utama kami maka kami telah berinvestasi dalam sistem pelaporan dan teknologi untuk menandakan dan menghapus konten yang tidak memenuhi pedoman kami," tambah mereka pada detikINET.

Kembali ke Anto. Awalnya, dia merasa tidak ada yang hilang karena dia mengunggah banyak foto ketika acara kampanye di Gelora Bung Karno. Dalam pemberitahuan, Anto mengatakan Instagram tidak memberitahu foto mana dari yang dia unggah yang melanggar "community guidelines".

"Sekitar pukul 14.00 WIB saya mendapatkan pemberitahuan ada foto yang melanggar community guidelines. Karena terganggu saya skip saja," ujar Anto saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (8/4).





Baru kemudian ia menyadari bahwa ada satu foto yang hilang dari rangkaian foto yang ia unggah di Instagram. Foto tersebut berisi lukisan Rizieq di bendera yang dibawa peserta kampanye.

Selain Anto, sebelumnya telah muncul kisah serupa terkait postingan Rizieq yang hilang dari Instagram. Beberapa netizen mencuitkan pengalamannya yang kehilangan posting terkait Rizieq di Instagram lewat Twitter sejak Februari lalu.

Sumber © lndonesia.org


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.