Header Ads

Surya Paloh: Masyarakat Sudah Anggap Kemunafikan Hal yang Wajar


[lndonesia.org] Jakarta - Bangsa Indonesia dinilai sudah mulai masuk dalam periode suatu bangsa yang bisa menerima kemunafikan sebagai sesuatu hal yang wajar. Inkonsistensi antara perkataan dengan perbuatan sudah dianggap sebagai hal yang biasa dilakukan.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh saat membuka orientasi dan konsolidasi Calon Legislatif (Caleg) DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan, Minggu (4/11).

"Indonesia mulai masuk pada periodesisasi suatu bangsa yang mulai bisa menerima kemunafikan sebagai sesuatu hal yang wajar. Ini permasalahan kita hari ini," kata Surya Paloh.

Menurut Surya, saat ini bangsa Indonesia juga sudah terlalu sombong dan meyakini bahwa dengan demokrasi yang sudah dimiliki bisa menciptakan kemajuan dan kemakmuran bagi rakyat tanpa memperhatikan syarat mendasar bagaimana sistem demokrasi itu bisa dijalankan.

"Kita sombong dengan demokrasi yang kita miliki, demokrasi yang katanya paling hebat yang bisa memajukan kehidupan kemakmuran. Tetapi persyaratan-persyaratan yang dituntut kita tidak pernah hadirkan," ucap Surya.

Seharusnya, dalam menjalankan sebuah negara demokrasi, bangsa Indonesia juga harus konsisten antara ucapan dan perbuatan, serta menjaga tata nilai dan konsisten terhadap apa yang sudah menjadi kesepakatan.

"Demokrasi seperti ini tidak hanya bisa berjalan tanpa supervisi yang terus menerus dilakukan oleh negara. Di sinilah peran institusi parpol yang oleh konstitusi kita diberikan hak untuk membuat UU, mengubah UU, memilih presiden," kata Surya.

Diingatkan Surya, ketika parpol tidak hadir untuk bagaimana bersikap konsisten menghadirkan pendidikan politik, membangun kesadaran masyarakat, serta membangun spirit nation and character building, maka Indonesia tidak bisa mengharapkan demokrasi bisa memberikan manfaat.

Kedatangan Surya Paloh ke Kalimantan sekaligus dalam rangkaian kegiatan orientasi Calon Legislatif (Caleg) Partai Nasdem se-Kalimantan Tengah. Dalam kegiatan tersebut dihadiri lebih dari 300 caleg Nasdem Se-Kalteng, mulai dari caleg DPR RI hingga DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota dari 14 kabupaten/kota yang ada di Kalteng.

Dalam agendanya sepanjang Minggu (4/11) Surya Paloh memimpin apel siaga Pemenangan Pemilu 2019 DPW partai Nasdem Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Setelah itu, Surya Paloh membuka orientasi dan konsolidasi Calon Legislatif (Caleg) DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan. [brt1]

Loading...
loading...

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.