Header Ads

BUSYET! Utang BUMN Lebih Besar dari Utang Pemerintah, Ini Kata Rini..


[lndonesia.org] - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, menanggapi isu nilai utang BUMN yang lebih besar dari utang pemerintah.

Dilansir dari RMOL, Rini mengatakan, persoalan utang BUMN jangan dilihat secara tidak berimbang. Walau jumlah utang BUMN lebih dari Rp 4800 triliun, tetapi total aset BUMN sudah bernilai lebih dari Rp 7200 triliun.

"Secara total jangan dilihat utang begitu. Aset BUMN itu sampai Rp 7200 triliun," ungkapnya kepada wartawan usai buka puasa bersama dengan ribuan anak yatim dan Himpunan Bank Bank Milik Negara (HIMBARA), di Jakarta Convention Centre, Jumat (8/6).

Rini menegaskan semua pinjaman yang dilakukan BUMN dimanfaatkan untuk membuat aset produktif. Penerimaan dari aset itu sendiri dapat dipakai untuk mengembalikan utang.

"Yang masalah adalah kalau kita berutang kemudian tidak berinvestasi aset produktif," tutur Rini.

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, berpendapat bahwa utang BUMN yang melonjak hingga Rp 1.300 triliun dalam empat tahun terakhir menunjukkan BUMN sedang berada di ambang krisis yang serius.

Demi menyeimbangkan neraca keuangan, sejumlah BUMN yang bergerak di bidang energi dan infrastruktur terancam harus menghentikan investasi dalam lima tahun ke depan.

“Satu per satu masalah yang ditanam oleh rezim berkuasa saat ini mulai meletus menjadi ancaman,” kata Fadli lewat akun twitternya, Rabu (6/6). [rmol]
Loading...
loading...

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.