Header Ads

BLUNDER LAGI! Jokowi Sebut Indonesia Negara Pertama Yang Dikunjungi Mahathir, Padahal Ini Faktanya..


[lndonesia.org] - Presiden RI Joko Widodo mengklaim kunjungan pertama Mahathir Mohamad ke luar negeri pasca terpilih kembali menjadi Perdana Menteri Malaysia adalah Indonesia.

Hal itu dikatakan Jokowi melalui akun Twitter pribadinya@jokowi, Jumat (29/6).

"Kunjungan pertama Bapak Mahathir Mohamad ke luar Malaysia sejak menjadi perdana menteri baru adalah ke Indonesia," tulis Jokowi.

Jokowi dalam Twitternya juga menyebutkan apa alasan Mahathir berkunjung ke Tanah Air. Salah satu yang melatarbelaki adalah alasan kekeluargaan.

"Alasannya, Indonesia ini jiran terdekat dan memiliki hubungan kekeluargaan. 'Ramai penduduk Malaysia itu dari Indonesia, termasuk bapak mertua saya' katanya," ujar Jokowi.

Hari ini Mahathir memang berkunjung ke Indonesia. Dia diterima Jokowi di Istana Presiden Bogor, Jawa Barat.

Mahathir juga menyempatkan diri berbicara dalam forum Indonesia Malaysia Business Council (IMBC) di Grand Hyatt, Jakarta, yang dipandung chairman IMBC Tanri Abeng.

Tapi, apakah lupa atau bohong, ternyata kunjungan perdana Mahathir setelah kembali menjabat PM Malaysia bukan Indonesia tapi Jepang.

Pada 10 Juni lalu, Mahathir berkunjung ke Jepang dan bertemu dengan Perdana Menteri Shinzo Abe. Dia juga menghadiri konferensi tahunan Nikkei Asia.

Dilansir dari Tempo, Mahathir Mohamad memilih Jepang sebagai negara pertama yang dikunjungi setelah terpilih kembali menjadi Perdana Menteri Malaysia. Kunjungan itu sekaligus menyiratkan Malaysia kemungkinan akan melepaskan ketergantungan pada investasi Cina.

Tiba di Jepang pada Ahad, 10 Juni 2018, Mahathir langsung bertemu investor dan menawarkan transaksi bisnis di tengah-tengah konferensi Nikkei Asia.

Kunjungan itu menandai perjalanan luar negerinya yang pertama setelah kembali berkuasa dan menunjukkan pergeseran kembali ke kebijakan "Melihat Timur".  [tempo/rmol]
Loading...
loading...

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.