Header Ads

Loading...

NAH LO! Cak Imin Sentil Menag Soal 200 Penceramah: Saya Bisa Rekomendasikan 600


[lndonesia.org] Keluarnya daftar penceramah dari Kementerian Agama menimbulkan pro kontra, termasuk dari Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Cak Imin, sapaannya, berencana mengeluarkan daftar ulama tandingan dengan jumlah lebih banyak dari yang dikeluarkan Kemenag.

"Saya sendiri bisa (buat). Saya akan mengeluarkan 600 mubalig yang recommended itu versi saya" kata Cak Imin di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Minggu (20/5).

Namun, Cak Imin belum mengungkapkan orang-orang yang masuk daftar rekomendasinya. "Nanti saya belum menginventarisir" katanya.

Cak Imin menilai langkah Kementerian Agama yang memberikan rekomendasi untuk 200 penceramah memang tidak sepenuhnya salah. Daftar itu bisa menjadi rujukan bagi umat Islam di Indonesia untuk memilih penceramah.

"Menurut saya langkah yang dilakukan Menag hanya bersifat prefentif," ujar politikus yang ingin jadi cawapres Jokowi itu.

Hanya saja, Cak Imin merasa masih ada ulama yang kompeten tapi tidak masuk dalam daftar tersebut. Selain itu, dia menduga ada pertimbangan subjektif dalam penyusunannya. "Selera Menteri Agama," ujarnya.

Bukan hanya itu, daftar itu dianggap punya risiko menimbulkan kerenggangan antara ulama di Indonesia. "Sangat disayangkan bisa jadi disparitas, pembelahan," sebut Cak Imin. [kmp]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.