Header Ads

Hasil Survei: Kalangan PNS Tidak Memilih Jokowi


[lndonesia.org] Prabowo yang maju sebagai capres berpasangan dengan Hatta Rajasa pada Pemilu 2014 lalu, menang telak di Jawa Barat mengalahkan Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla, namun kali ini sedikit berbeda.

"Pada survei kali ini ada 16,1 persen responden yang berasal dari Suku Sunda (Jawa Barat). Mayoritas memilih Jokowi (36,5 persen). Sementara yang memilih Prabowo 30,4 persen," ujar Direktur Riset dan Data RTK Rikola Fedri saat merilis hasil survei di Bilangan Lebak Bulus, Jakarta, Kamis (10/5).

Menurut Rikola, selisih responden yang memilih Jokowi dan Prabowo dari Suku Sunda hanya 6,1 persen. Hal ini menunjukkan meski Jokowi unggul, namun peta politik pada Pemilu 2014 lalu belum bergeser terlalu jauh.

Tetapi menurut Rikola, sebanyak 33,3 persen responden yang tidak bekerja memilih Prabowo. Sementara yang memilih Jokowi hanya 28,6 persen. Untuk responden yang berprofesi sebagai PNS sebanyak 42,1 persen memilih Prabowo dan hanya 21,1 persen memilih Jokowi seperti dilansir dari jpnn.

Survei terkait Pilpres 2019 ini dilaksanakan 21 April hingga 2 Mei. Jumlah responden mencapai 1.610 orang. Metode yang digunakan stratified systemic random sampling dengan margin of error 2,5 persen. Responden merupakan warga negara Indonesia yang telah berusia 17 tahun ke atas atau mempunyai hak pilih. [lo/jpnn]
Loading...
loading...

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.